Ordo Kapusin Kustodi General Sibolga

Dipanggil dan Diutus Mewartakan Kerajaan Allah - Rabu, 10 Juli 2024

Rabu, 10 Juli 2024
Hos 10:1-3.7-8.12
Mat 10:1-7

Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.
Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia. Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. (Mat 10:1-7)

Dipanggil dan Diutus Mewartakan Kerajaan Allah

Saudara-saudari terkasih, perikop Injil hari ini berkisah tentang pemanggilan dan pengutusan kedua belas rasul oleh Yesus. Mereka dipanggil dan ditetapkan sebagai rasul, dan kemudian diutus untuk mewartakan Kerajaan Allah. Untuk mendukung realisasi Kerajaan Allah, mereka diberi kuasa untuk mengusir roh-roh jahat, melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Dan akhirnya, kepada mereka diberi pesan kuta oleh Yesus untuk mencari domba-domba yang hilang dari antara ornag Israel. Sangat jelas bahwa Yesus terlebih dahulu mempersiapkan mereka baik secara mental maupun otoritas dan kemampuan, dengan harapan bahwa mereka sukses dalam mengemban tugas dan perutusan mereka. Dan yang paling penting ialah bahwa mereka diutus untuk mewartakan Kerajaan Sorga atau Kerajaan Allah, dan bukan untuk mewartakan kerajaan duniawi atau kerajaan pribadi. Mereka diutus untuk mewartakan kebesaran nama Allah, dan membentuk komunitas yang dicirikan oleh kehendak Allah, yakni komunitas damai, penuh kasih dan keadilan. Di dalam komunitas itu ada pengampunan, saling menolong, dan saling menghargai sesuai dengan kondisi dan kemampuan anggotanya.
Perutusan keduabelas rasul sudah selesai. Kini, pemanggilan dan perutusan dilanjutkan kepada kita orang Kristen sekarang ini. Sama seperti para rasul, kita diutus untuk membangun Kerajaan Allah di mana pun kita berada dan bekerja. Kita diutus untuk mewartakan damai dan pengampunan, mewartakan kasih dengan bersedia saling menolong dan saling membantu, serta mewartakan keadilan dengan menghargai hak dan kewajiban orang lain. Kita harus menjadi rasul-rasul Kristus di bumi kita sekarang ini, sehingga Kerajaan Allah sungguh bisa tegak dan disaksikan oleh banyak orang. Semoga dengan demikian, dengan kehadiran dan kesaksian hidup kita, semakin banyak orang yang percaya kepada Tuhan, dan juga terdorong melakukan kehendak Allah dalam hidup setiap hari. Tuhan memberkati! Pace e bene!

Pater Yoseph, Sinaga OFMCap.
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024. Ordo Kapusin Sibolga - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting