Br. Medard Mengajar Kaum Muda Mencintai Musik Liturgi


Konsili Vatikan II, dalam Konstitusi tentang Liturgi Suci (SC 14) menyebutkan: "Bunda Gereja sangat menginginkan, supaya semua orang beriman dibimbing ke arah keikutsertaan yang sepenuhnya, sadar dan aktif dalam perayaan-perayaan Liturgi. Keikutsertaan seperti itu dituntut oleh hakekat Liturgi sendiri". Dalam rangka mengaplikasikan seruan Konsili Vatikan tersebut, Br. Medard Sihura mencoba mendalami musik liturgi Gereja di Pusat Musik Liturgi (PML) Yogyakarta. Alhasil ia berhasil menyelesaikan kursusnya dengan baik. Kini ia telah kembali ke Provinsi Sibolga dan berkomunitas di Biara Kapusin Yohaneum.
Kembalikan keindahan musik gerejani
.
Dengan bekal yang diperoleh dari PML, Br. Medard Sihura kini aktif mengajar kaum muda untuk mempelajari musik liturgi. Berbagai usaha ia lakukan untuk meningkatkan partisipasi umat dalam liturgi gerejani (secara khusus dalam bidang musik). Dengan mengajar di sekolah-sekolah katolik, ia mencoba mengkader generasi muda untuk mengenal dan mencintai musik liturgi. Musik pop yang cukup digemari oleh kebanyakan orang pada zaman kini sudah barang tentu mempunyai implikasi pada menurunnya minat sebagian umat pada khazanah musik gerejani. Sadar akan hal ini, Br. Medard berupaya memunculkan 

Seakan menanggapi seruan Konsili Vatikan II dalam SC. 115 yang menyebutkan: "Pendidikan dan pelaksanaan musik hendaknya mendapat perhatian di seminari-seminari, di novisiat-novisiat serta rumah-rumah pendidikan para religius wanita maupun pria, pun juga dalam lembaga-lembaga lainnya dan di sekolah-sekolah katolik", Br. Medard pun mengajar para seminaris St. Petrus Aek Tolang, postulan dan novis dari beberapa tarekat (Ordo Kapusin Provinsi Sibolga, kongregasi SCMM, OSF Reute Sibolga) dengan memberikan les musik liturgi kepada mereka.

Panduan Suara
Paduan suara yang berada di bawah asuhannya selalu berlatih secara terus-menerus. Paduan suara ini selalu tampil dalam setiap perayaan-perayaan liturgi meriah. Kehadiran dan pemberian diri mereka dalam setiap perayaan liturgi menambah suasana meriah sekaligus sakral.
Karya yang telah dan sedang dilakukan oleh Br. Medard ini sungguh merupakan sumbangan dan pemberian diri bagi Bunda Gereja Kudus. Hasilnya barangkali baru sedikit (atau bahkan masih belum) tampak sekarang ini. Namun kita yakin, apa yang telah ditanam/dikerjakan dengan baik pada masa kini pastilah akan memberikan hasil yang baik pula di masa yang akan datang.
Share this post :

Posting Komentar

 
Dikelola Oleh : Kapusin Sibolga
Copyright © 2011. Kapusin Sibolga - All Rights Reserved
Website Kapusin Sibolga
Proudly powered by Blogger