Kaul Kekal

Karena si Ramah, si Gembira, dan si Coklat


kaul kekal tiga saudara Kapusin dari Provinsi Sibolga


Tiga saudara kita mengucapkan kaul seumur hidup tanggal 21-Jul-2007. Pertama sekali dalam sejarah kapusin Sibolga, Perayaan Ekaristinya dipimpin oleh seorang uskup (Mgr. Ludovicus Sima-nullang). Berikut, secuil kisah seiring perjalanan panggilan mereka.


Sdr. Germanus Halawa lahir 10-Apr-1976 di Tögizita, Lölöwa'u - Nias (sekarang Nias Se-latan) dari keluarga katolik. Nama kecilnya Sobadödö Eduard. Kisah ringkas pang-gilannya dia ungkapkan sebagai berikut, "Ketika saya SD, saya tertarik melihat jubah warna coklat itu. Dan para kapusin yang saya jumpai di Parokiku, Tögizita - Nias Tengah, ramah-ramah. Inilah awal mula panggilanku. Dalam hati, aku ingin seperti mereka. Dan dalam perjalanan panggilanku, motivasi awal terus berkembang hingga pada akhirnya aku yakin: Allah memilih saya... melulu karena rahmat Allah".


Germanus berharap dan bertanya "Apa-kah kehadiranku dalam Ordo Saudara Dina Kapusin di Provinsi Sibolga menjadi rahmat bagi para saudaraku seordo dan bagi semua orang?"


Sebagai motto dan pedoman langkah Germanus berpegang pada "Aku mepunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya" (Rom 1,16).


***


Sdr. Yusuf Silaban lahir 18-Jan-1980 di Dano, Parmonangan - Tapanuli Utara di keluarga penganut kristen protestan. Kisah ringkas panggilannya dia ungkapkan sebagai berikut, "Ketika pertama sekali saya melihat seorang pastor, saya langsung tertarik padanya dan ingin seperti dia, walaupun saya seorang protestan. Niat dan keinginan itulah yang membuat keluarga pindah menjadi katolik. Wa-laupun belum mengenal kapusin tetapi saya ingin seperti itu, pastor yang mengenakan si coklat".


Tidak heran, begitu tamat SMKS Karya di Tarutung tahun 1999, Yusuf tidak memikirkan pilihan lain. Hatinya bulat masuk Postulat Kapusin. Dan hari ini keteguhan pang-gilannya yang terdalam dia ungkapkan melalui pengikraran kaul seumur hidup dalam Ordo Saudara Dina Kapusin.


Selanjutnya Yusuf berharap "Semoga saudara-saudara kapusin Sibolga semakin bersatupadu dalam melayani umat Allah da-lam semangat persaudaraan dan doa yang mendalam".


Sebagai motto dan pedoman hidup Yusuf berkata "Aku bersyukur kepadaMu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya" (Mz 139,14).


***


Sdr. Martinus Situmorang lahir 13-Mar-1980 di Sigodung, Manduamas - Tapanuli Tengah. Nama kecilnya Mantianus. Panggilannya pun berawal dengan ketertarikan pada pribadi dan baju khas yang dikenakan pastor yang sering dia lihat. Martinus juga ingin menggem-birakan orang lain. Hala ini tersirat dalam ungkapannya "Dalam setiap kunjungan Pastor ke stasi, umat bergembira dan mempersiapkan yang terbaik".


"Apakah saya menjadi rahmat bagi per-saudaraan ini" demikian harapan dan kece-masannya mengiang di telinga.


Untuk mencapai dambaanya dia goreskan motto "Cukuplah karuniaKu bagimu, sebab dalam kelemahanlah kuasaKu menjadi sempurna" (2Kor 12,9).



disusun oleh:
Sdr. Hezekiel Manaö, Yohaneum

Share this post :

+ komentar + 1 komentar

ika snbtr
6 September 2008 04.28

CONGRATZ!!!!walau sudah telat
Buat Fr.Yusuf silaban

Hidup frater , berikan inspirasi dan rubah hidup seorang gembala yang hilang . Saya ucapkan terimakasih sebanyak2 karena Tuhan izinkan saya bertemu dengan hambanya yang mayakinkan saya jika Tuhan CINTA saya.
THANK YOU AND GOOD LUCK !

Posting Komentar

 
Dikelola Oleh : Kapusin Sibolga
Copyright © 2011. Kapusin Sibolga - All Rights Reserved
Website Kapusin Sibolga
Proudly powered by Blogger