Tahbisan Uskup

Telah dilangsungkan tahbisan Uskup Keuskupan Sibolga, Mgr. Ludovicus Simanullang, OFMCap. di lapangan Simaremare, Sibolga, tanggal 20-Mei-2007.

Selain Nuntius (Duta Vatican untuk Indonesia-Mgr. Leopoldo Girelli) dan mantan administrator Keuskupan Sibolga (Pastor Barnabas Winkler), perayaan ini dihadiri oleh dua-puluhenam (26) Uskup di Indonesia.


Mgr. Julius Sunarka-K.Purwokerto, Mgr. Hieronimus Bumbun-K.A.Pontianak, Mgr. Andreas Henrisu-santo-K.Tanjung Karang, Mgr. Blasius Puja-raharja-K.Ketapang, Mgr. John Likuada-K.Ma-kassar, Mgr. John Saklil-K.Timika, Mgr. Leo L. Lajar-K.Jayapura, Mgr. Julius Harianto-K.Sura-baya, Mgr. Yos Suwatan-K.Manado, Mgr. A.G. P. Datubara dan Mgr. Anicetus B. Sinaga-K.A. Medan, Mgr. Frans Kopong-K.Larantuka, Mgr. Michael-K.Bogor, Mgr. Hilarius Moa Nurak-K. Pangkal Pinang, Mgr. Giulio Meccucini-K.Sang-gau, Mgr. Martinus D. Situmorang-K.Padang, Mgr. Vincentio Sensi-K.A.Ende, Mgr. Yustinus Hardjosusanto-K.Tanjung Selor, Mgr. Ignasius Suharyo-K.A.Semarang, Mgr. Petrus Canisius Mandagi-K.Amboina, Mgr.Eduard Sangsun-K. Ruteng, Mgr. Aloysius Sudarso-K.A.Palembang, Mgr. Nic. Adiseputra-K.A.Merauke, Mgr. Petrus Turang-K.A.Kupang, Mgr. Florensius Sului-K.A.Samarinda, Mgr. Benyamin Bria-K.Den-pasar),  dua (2) administrator diocesan (Rev. Markus Priyo Kusharjono-K.Bandung, Rev. P. Heru Susanto-K.Malang), seorang Definitor General OFMCap dari Roma (Br. John Antony), sekretaris eksekutif KWI (Rm. Sigit), duaratusan (200-an) imam, ratusan biarawan-biarawati dan frater-frater projo,  tujuhribuan (7.000-an) umat, dan puluhan pejabat pemerintah dari berbagai daerah.

   Upacara dimulai pukul 08.30, diawali dengan perarakan yang dimeriahkan dengan Drum Band dari depan Gereja Katedral Sibolga di Jl. Brigjend Katamso menuju La-pangan Simaremare. Tetapi sebelum memasuki tempat perayaan, para uskup dan definitor general singgah di halaman Kantor Walikota untuk pengalungan karangn bunga, sebagai tanda ucapan selamat datang pada mereka. Setelah rangkaian Perayaan Ekaristi yang berlangsung " 4 jam, pesta ini dilan-jutkan dengan acara resepsi dan rama-tamah yang diisi dengan berbagai kata sambutan dan acara-acara hiburan. Dan akhirnya Pesta umat katolik, khususnya Keuskupan sibolga ini pun ditutup pada pukul 15.30. 



   Jarang terjadi bahwa begitu banyak uskup berkumpul bersama-sama dalam satu upacara. Tetapi pada kesempatan ini hampir seluruh pemimpin gereja partikular  seindonesia hadir untuk turut bergembira bersama umat katolik Keuskupan Sibolga. Mereka rela datang dari jauh bukan untuk piknik tetapi untuk menujukkan kesatuan antar mereka dan mengungkapkan kesatuan Gereja.

Proficiat buat Uskup baru!
Selamat meng-gembalakan umat katolik
di Keuskupan sibolga.

Share this post :

Posting Komentar

 
Dikelola Oleh : Kapusin Sibolga
Copyright © 2011. Kapusin Sibolga - All Rights Reserved
Website Kapusin Sibolga
Proudly powered by Blogger