Pesta Perak

Selamat Pesta Perak Hidup Membiara


Sdr. Silvester Halawa, OFM Cap.


Setelah melanglangbuana di "dunia", barulah pada umur 27 tahun Bang Saba'aro Walfrid Halawa memutuskan menjadi calon pastor. Beliau masuk Rethorica Pe-matangsiantar Januari 1978. Dan kemudian masuk Novisiat kapusin di Parapat tanggal 12 Januari 1979 dengan panggilan baru, Fr. Silvester; dan mengu-capkan kaul perdana pada tanggal 13 Januari 1980. Boleh dikatakan sejak Rethorica langkahnya tak terhenti lagi hingga mengucapkan kaul kekal tanggal 13 Juli 1984 dalam Persaudaraan Regio Ka-pusin Sibolga, yang kemudian mekar menjadi Pro-pinsi Kapusin Sibolga, dan menerima tahbisan imam 24 Agustus 1986. Pantas dikenang dalam "karir"-nya adalah mewujudkan berdiri dan ber-operasinya SMU Santo Fransiskus Aek Tolang, Asrama Putra Santo Bonaventura Aek Tolang, dan Seminari Menengah Santo Petrus Aek Tolang, serta berdiri dan beroperasinya SMU Kesuma Indah Padangsidimpuan.


Sdr. Silvester merasa tidak layak merayakan Pesta Perak ini, namun tidak bisa dibantah bahwa waktu telah berlalu selama genap 25 tahun sejak tanggal 12 Januari 1979 sampai dengan tanggal 12 Januari 2004. Pada kesempatan ini Sdr. Silvester menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tuhan atas penyertaannya sampai saat ini, kepada MPDP, dosen-dosen, dan semua orang yang telah mendi-diknya dan mendukungnya sejak masuk biara. Dan ucapan terima kasih khusus kepada Sdr. Erick Daeli yang telah "membawa"-nya ke biara (rupanya Sdr. Silvester diam-diam mengagumi Sdr. Erick ketika masih di Seminari Me-nengah, hingga akhirnya dia sendiri masuk Seminari).

Sdr. Erick Daeli, OFM Cap.

Bang Yesaya Yohanes Daeli masuk Seminari setelah tammat SMP. Dan duduk di kelas Probatorium (semacam ulangan kelas III SMP) di Seminari Menengah Pematang-siantar. Lanjut terus hingga ke Rethorica dan berteman kelas dengan pengagumnya, Walfrid Halawa. Yohanes bersama dengan Walfrid kemudian masuk Novisiat dan memilih panggilan baru, Fr. Erick. Seterusnya kedua saudara ini terus seiring sejalan dalam menapaki panggilan religius-nya: pada tanggal yang sama (13 Januari 1980) mereka mengucapkan kaul perdana, pada tanggal yang sama (13 Juli 1984) mereka mengucapkan kaul kekal, pada tanggal yang sama (24 Agustus 1986) mereka ditahbiskan menjadi imam, dan hari ini tanggal 12 Januari 2004 mereka merayakan Pesta Perak Hidup Membiara (walau pestannya baru dirayakan tanggal 15 Januari 2004). Kalau da-lam kurun waktu seperempat abad ini, terutama sejak menyelesaikan studi Filsafat dan Teologi, Sdr. Silvester lebih banyak berkecimpung di Sekolah, Sdr. Erick Daeli lebih banyak jatuh bangun di Paroki.

Dan pada Perayaan Pesta Perak ini Sdr. Erick melengkapi ucapan terima kasih yang diucapkan Sdr. Silvester sebelumnya dengan mengatakan, "Pesta ini merupakan kesempatan memohon maaf atas segala kelemahan dan kekurangan yang tidak berkenan di hati selama ini".

Menutup sepatah dua patah kata, kedua jubilares ini menyanyikan lagu kesayangan-nya: ...... kucoba bertahan mendampingi dirimu; walau kadang kala tak seiring jalan; kucari dan selalu kucari jalan terbaik; agar tida penyesalan dan air mata. (Sdr.Hezekiel Manaƶ)
Share this post :

Posting Komentar

 
Dikelola Oleh : Kapusin Sibolga
Copyright © 2011. Kapusin Sibolga - All Rights Reserved
Website Kapusin Sibolga
Proudly powered by Blogger