Gedung Baru

SMU Bintang Laut Memasuki Gedung Baru



Setelah sekian lama dinanti akhirnya Gedung SMU Bintang Laut, walau belum sempurna, mulai difungsikan sebagai tempat belajar mengajar. Siswa-siswi kelas III yang tinggal beberapa bulan lagi akan tammat akhirnya toh masih boleh bangga sebagai anak pertama dari SMU ini dan anak pertama yang menduduki gedung barunya.

Dalam khotbahnya pada kesempatan pesta syukuran ini, Pater Barnabas Winkler, OFM Cap. mengingatkan supaya sekolah ini mengutamakan mutu pengetahuan dan sumber daya manusianya. Kerap kedengaran sindiran mengatakan bahwa hasil sekolah katolik itu pintar tetapi tidak bermoral, koruptor. Ini tentu generalisasi. Memang pada kenyataan ada orang hasil didikan sekolah katolik berakhlak buruk, koruptor, dll. Tetapi tidak berarti semuanya. Maka merupakan tugas segenap jajaran pendidik di sekolah ini untuk menghasilkan manusia-manusia bermutu, disiplin, jujur, dan dijiwai oleh nilai-nilai kristiani.


Perayaan ini digabung dengan Pesta Natal Yayasan Santo Fidelis. Pesta Pemberkatan gedungnya diusahakan tidak terlalu menonjol untuk menghilangkan kesan peresmian meriah; karena peres-mian "resmi" SMU ini masih sedang direncanakan. Namun demikian Pesta Natal dan Pemberkatan Gedung ini toh sedikit memberi kesan "show force" katolik. Prosesinya yang memakan waktu kurang lebih 35 menit diawali dari lokasi SMP Bintang Laut menuju lokasi SMU di Narinari, diiringi dengan Drum Band dari SMP Bintang Laut. Dalam barisan panjang itu ada juga kelompok para imam, biarawan-biarawati dan rohaniwan yang jumlah-nya puluhan (kebetulan hari sebelumnya dirayakan Pesta Perak Hidup membiara Sdr. Silvester Halawa, OFM Cap. & Sdr. Erick Daeli, OFM Cap.). Di mata masyarakat setempat bisa saja ada kesan: katolik itu "wah". Sementara Yaya-san kapusin miskin ini sampai sekarang masih menjerit-jerit karena setiap bulan harus mencari dana belasan-juta-rupiah untuk menutupi minus operasionalnya. Kita harapkan saja agar cara perayaan seperti ini tidak menambah keberanian masyarakat untuk mengatakan kepada kita, "Kami tak mampu membayar uang sekolah" bila akhirnya nanti kita menuntut uang sekolah yang semestinya dari mereka.

Kendati demikian, kepada segenap pengelola yayasan kita ucapkan selamat memasuki gedung baru, semoga harapan-harapan indah yang di-letakkan di pundak sekolah ini dapat terwujud. Dan kepada siswa-siswi SMU Bintang Laut kita ucapkan selamat menikmati gedung belajar yang baru. Semoga di gedung baru ini kalian menemukan kenyamanan dalam menuntut ilmu. (Sdr. Hezekiel Manaƶ).
Share this post :

Posting Komentar

 
Dikelola Oleh : Kapusin Sibolga
Copyright © 2011. Kapusin Sibolga - All Rights Reserved
Website Kapusin Sibolga
Proudly powered by Blogger